var timeout = 500; var closetimer = 0; var ddmenuitem = 0; // open hidden layer function mopen(id) { // cancel close timer mcancelclosetime(); // close old layer if(ddmenuitem) ddmenuitem.style.visibility = 'hidden'; // get new layer and show it ddmenuitem = document.getElementById(id); ddmenuitem.style.visibility = 'visible'; } // close showed layer function mclose() { if(ddmenuitem) ddmenuitem.style.visibility = 'hidden'; } // go close timer function mclosetime() { closetimer = window.setTimeout(mclose, timeout); } // cancel close timer function mcancelclosetime() { if(closetimer) { window.clearTimeout(closetimer); closetimer = null; DESAIN in LIVE: Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

Cari Blog Ini

Jumat, 17 September 2010

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

Bagaimana bila Anda ingin memberikan ketebalan suatu permukaan objek berdasarkan suatu kelengkungan garis sebagai arah acuannya? Anda bisa memanfaatkan fitur Extrude Along Spline.

Berikut triknya:

1. Anda buat sebuah objek 3 Dimensi, misalkan sebuah Cylinder yang Anda Convert ke dalam Editable Poly. Kemudian Anda buat sebuah bentuk garis diatas objek Cylinder. Buka tab Modify dan pilih mode Polygon lalu Anda klik sisi permukaan (polygon) bagian atas dari objek Cylinder tersebut.



2. Anda klik tombol bergambar kotak disebelah tulisan Extrude Along Spline



3. Akan terbuka jendela Extrude Polygons Along Spline. Klik tombol Pick Spline dan Anda pilih garis yang Anda buat di Viewport. Selanjutnya atur nilai Segments = 100 (Segments adalah penambahan ruas-ruas agar objek terlihat lebih halus) dan Taper Amount = -0.9 (Taper Amount adalah perbesaran atau pengecilan sisi permukaan terpilih). Lalu klik tombol OK


5. Sekarang Anda lihat di Viewport, objek Cylinder telah berubah bentuk

Hasil Akhir:

Mengikuti Alur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar